Saturday, January 26, 2008

berbicara


Kedewasaan mencerna semua bentuk komunikasi,
Berawal dari kecerdasan dan kematangan emosi

Hhhmmm…
Sekarang minggu ke-4 januari,..boleh di bilang minggu yang ga asik. Badanku tiap hari meriang, tanpa kutahu sebabnya, brasa lemes ga bertenaga event support multivitamin ga absen…emang bawaan tulang tua kali ya. He..he..he..

Hari pertama & ke-2 sibuk ngebantu runningnya divisi lain, but that’s OK.
Pulang ktr pasti udah berasa ga bertulang, emosi tingkat tinggi dan aduuuuhh…cape dan meriang tiap hari. Ga keren banget kan 
Jumat ini, setelah malem sblmnya ngisi talkshow di sebuah radio bersama temen sektr, agendaku, pengennya ngelarin proposal yg kepending lama.
Tapi tetep aja, aku ga berhasil nyelesaiinnya..aku sempet ngeluh ke partner-ku betapa gobloknya aku sekarang.
Yapp…susah banget ngelarin rangkaian kata untuk memikat calon klien idaman, halaaah.
Tapi ya sutralah, emang mentok! Kaga bisa dipaksain..

Sembari nyari inspirasi, browsing sana-sini untuk matengin karakter klien dan ajuan yg ciamik, aku OL ma beberapa teman.
Terlibat dalam obrolan maya,
Pertama, sebut saja di si X

Seorang yang saat ini bekerja di sebuah agency bernama besar. Seorang yang berada di departemen yang sama denganku. Seorang yang aku tahu pasti masih sibuk menyelesaikan kuliahnya, ketika aku berjuang untuk sebuah perusahaan dimana waktu itu aku cinta setengah mati padanya .

Seorang yg ku tahu luntang-luntung setelah kelar kuliah, ketika aku mulai bisa diterima di komunitas yang aku berusaha keras menembusnya. Dan yg kudengar, dia masuk ke agency itu setelah namanya berkibar. Ikut merasa punya nama besar mungkin walaupun di luaran, banyak gosip beredar kalo departemen dia sangat tidak perform di agency itu. Wah…itung2`kan numpang beken, kalo d belakang namanya diimbuhi nama agency itu. Tapi ga tahu ya, kalo nama agency itu di ilangin, masihkah ada orang peduli padanya diluar sana…ironis sekali.

Semua percakapan berawal dari saling bertanya kabar yang selalu saja, Allhamdulillah baik-baik saja. Lama dan lama merembet ke masalah perjodohan. Aku bukan orang yang sensitif kalo ngebahas hal ini, lha emang belom dapet kok. Trus napa?

Bahkan, keseringan aku dan teman-temanku ngejadiin hal itu sebagai sebuah jokes segar…tarolah ada GOLKAR di kantorku ( golongan kasep rabi…ha..ha..), atau juga saling mencerca dan menghujat kenapa tidak ada yang berani ngadep ke penghulu. Akhirnya balik ke konteksnya…dengan teman2 yang dirasa deket, sudah sepantasnya di sikapi dengan enteng dan besar hati…syukur-syukur bisa di ketawain bareng-bareng…apes juga ya nasib  jangan2 jodohnya udah mati pas di lahirkan, jadi di kejar kemanapun juga ga bakal nemu,

Atau jodohnya jangan2 sejenis, makanya ga bakal dapet juga klo selama ini berhubungan dengan lawan jenis,

Atau bisa juga buat smash bales, klo yang ngeledek ternyata juga telat kawin. Ngeles andalan adalah :
‘halah…jangan keseringan ngomongin orang, situ sendiri bermasalah ma jodoh kok pake ngebilangin ma orang lain. Kelarin dulu masalahmu, baru kasi omongan ma kite orang, jadi terpercaya!’
Nah lho…pasti telak kan wakakak.

Balik lagi ke X, boleh di kata aku ga pernah ngerasa deket ma dia, di samping juga tahunan ga ketemu, juga apresiasiku ma dia emang ga segitu baiknya…aku ga ngelihat dia patut diapresiasi lebih. Ups sorry..lha aku ga ngerti kualifikasi kehebatannya je.

Ringkasan percakapannya seperti ini,

  • X nanya masalah mo nikah kapan, aku jawab ya…pengennya tahun ini ( apakah jawaban ini salah, lha emang pengennya kok)

  • Trus, rese-nya dia bilang halahhh bolak-balik bilang tahun ini ( tidak dalam bhs bercandaan, serius dan terlihat akan menyebalkan nih), aku ngejawab ya..emang pengennya gitu,

  • Aku sempet shock, anjrittt bener nih orang….urusan dia apa coba, aku ga harus bilang ke dia klo sepanjang thn itu aku harus ngadepin banyak hal kan? Dan aku juga ga ngerasa harus ngejelasin ke dia, beratnya bangun lagi, susahnya menata hati untuk siap berjalan tegak lagi…dasar kere! Ga penting banget kan, mengekspos privacy untuk melakukan pembelaan diri, trus ujung2nya di kasihani. Idih nggak yanti banget.
  • kerese-annya masih berlanjut aku mencoba membelokkan ke dunia kerjaan mengangkat tema yang sama, di pake buat bercandaan aja. Tema utamanya adalah = betapa lamanya sebuah wacana tidak segera di eksekusi.. Konteksnya lebih besar, tidak menjustifikasi kehidupan seseorang. Melainkan sebuah sistem yang aku tahu pasti dia bergelimang didalamnya, sistem yang mengedepankan wacana ketika aku berada di dalamnya, akibat hebatnya…banyak orang merasa di dzolimi hingga memutuskan untuk segera pergi dari tempat itu. Kata2nya adl waaah..ada yang juga waktunya lama, ga berubah, bisanya janji doang. Lama = wacana ( janji palsu) dasar dodol, kagak mudeng dia.

Ya kantormu itu! Dari orang dalam, ga ada perubahan yang dijanjikan. Janji yang didengung2kan dari thn 2002, di tiupkan keras-keras pada thn 2006, tapi ya sampai di situ aja. Setahuku lhoo…dari testimoni beberapa teman yang jadi korban dan termajinalkan oleh sistem company yang jadi tempat cari popularitasmu itu.

  • kayanya dia mulai be te, ujung2nya nyinyir. Oalahhhh.....klo mo di bikin marah2an udah dari tadi aku pingin marah dan ngelempar bakiak ke muke lu. Tapi berhubung pingin memaintenance hubungan baik, yang tidak kamu sadari dari tadi.

  • Tapi emang butuh kematangan berpikir dalam mencerna semua bentuk komunikasi, itu yg aku sampaikan ke dia. Berharap dia berrefleksi, knapa aku ngucapin kata2 garang tadi. Lihat lah..ada sebab, ada akibat. Lihat kembali, tadi mulutmu ngucapin apa, hingga aku bisa meradang kaya gini.

  • Tapi malah bolak-balik nanya maksutte?
    Halah, ya sudah! Stop sampai di sini aja. Emang bukan level kita untuk bisa ngomong dengan cerdas, cerdas menempatkan diri dalam sebuah bentuk komunikasi.

Dan aku menutup obrolanku dengannya, sebal pada orang yang sangat aneh itu. Mungkin baiknya, aku tidak perlu lagi ngobrol lagi dengannya.

Ke-2 obrolan dengan Y

aku mengenal Y dari teman dekatku yang terakhir. Sekedar kenal, klo pas ketemu ya ngobrl..ga da yg lebih.

Percakapan basa-basi berlanjut dengan aku menanyakan kabar R, seorang teman yang sangat baik. Y, R dan teman dekatku kebetulan berasal dari satu kota yang sama, bahkan satu SMA dan pernah tinggal satu rumah juga di Jogja ini.
Pertanyaan tentang R tidak di jawab dengan baik, ya mungkin ketularan percakapan sebelumnya dengan si X mungkin ya….hari ini pada nyinyir padaku.
Ada yg salah, tanyaku? Kmu ga suka klo aku nanyain kabar orang lain lewat kmu?
Eehh..malahan dia mancing knapa aku ga nanyain kabar mantan teman dekatku itu padanya…napa nanya si R, menurutnya aneh
Waah…pada ga bisa di ajak asik hari ini, emang aku harus njelasin beribu alasan kenapa aku peduli ma R? emang Y tahu klo selama ini aku dapet paparan yg sangat obyektif dari R kalo aku menceritakan beberapa kisah hidupku.
Aaarrghhh!!!
Klo aku mutusin untuk bersama siapapun dan meninggalkan siapapun…aku sepenuhnya bebas memilih kan. Napa si, kalian pada rese hari ini?!
Percakapan hari ini dengan si Y, memberiku sebuah penilaian emang aku ga harus ngoyo menjaga relationshipku dengan teman-teman si eks itu. Klo emang bisa diajak share ayuuukk..klo ga ya udah ke laut aja ma si eks..silakan berenang sepuasnya..
Klo ini mah, level kesel dan sebelku tidak setinggi obrolan ke X, tapi cukup buat ilfeel ajah

Ke-3 obrolan dengan seorang kreatif

Waaah..klo yang ini ni, partner asik…tahu pahitnya sebuah perjuangan dan manisny sebuah pertemanan yang terjalin bersamaku..halah narsis
Tujuannya emang ngegosipin kisah teman kita juga yang apes dan apesnya dibikin sendiri. Terkekeh-kekehlah kita, tersenyum dan cengar-cengirlah aku…mayan lah menguapkan sedikit gondok di hati. Wah pahalamu besar mas, membuatku agak seneng 
Sukses ke jakartanya yak! Semoga dapet yang terbaik untuk karirmu…aku tahu kamu layak dapetin yang seharusnya kamu dapat di jakarta! Semoga segera kaya raya..he..he..


Obrolan terakhir dengan partner gendutku…

Biasa ledek2an, dianya lg OL di komputer nan jauh di luar ktr. Konon ngerjain kerjaan ktr, sambil ngeceng kali…emang dia mata keranjang..he..he..he..
Dia sibuk nyindirin aku yang ngefans sama seseorang yang berlebih :p
He..he..he..
Dan kita saling mengumbar kata-kata tak pantas untuk mengekspose seseorang itu, hiks..
Dan ujung2nya dia closing dengan kata2 pendek penuh makna:
….tapi seneng kan? ( walo kita sibuk nyacatin orang yang ku gemari tadi)
Sithik ( jawabku! Ha..ha..ha..ini mah kaga bs boong, emang suka..tapi dikit, ato dikit suka? Ah mbuh lah) isiiiinn aku.

Dan banyak obrolan hari ini berlanjut dengan obrolan konvensional (dibaca=obrolan tatap muke) di malam hari, obrolan dengan seorang teman yang diperkenalkan padaku oleh si kenil-kenil :D
Membahas tentang sebuah kesombongan, kesombongan dari sebuah perusahaan yang nular ke teamworknya.
Teman bernama T itu, melamar di perusahaan terkemuka. Appointment dengan sang petinggi jam 8.30. si petinggi datang bebarengan dengan T, tetapi T baru ditemui dia setelah satu jam nunggu tanpa kepastian.
Cek di cek, konon si petinggi di dalam juga Cuma ngobrol dan berketawa-ketiwi, padahal T kenal secara personal dengan petinggi itu. Kok ga ada penghargaan sedikitpun ke orang yang sengaja datang karena di undang, bukannya itu merefleksikan citra perusahaan yang konon besar itu.
Besar apa? Besar kesombongannya kali.
Betapa kecewanya T diperlakukan tanpa penghargaan sama sekali, tercoranglah citra yang sebelumnya diingatnya dari perusahaan itu.
Nah..bukankan kekecewaan itu bisa jadi isu gelap yang mungkin akan menjatuhkan kredibilitas perusahaan yang dulu dibangun dengan semangat dan airmata itu? Bisa menyebar kemana-mana secepat kilat.
Padahal setahuku, petinggi itu bukan owner dan bukannya orang yang jadi pendiri di kantor itu. Malahan dia gabung pas kantor itu dah mayan jadi, tinggal finishingnya aja.
Dan konon, kesombongan kantor itu emang sudah menyebar kemana-mana di kota kecil ini.
Mulai dari junior kreatif maupun junior marketernya yang bener2 masuk enak, artinya ga perlu fight sampe berdarah2 ketika bikin kantor itu. Tapi kesombongannya melebihi, siapapun yang dulu udah bertaruh hati, jungkir jumpalitan membuat kantor tsb di kenal khalayak.
Tapi ya sudahlah, Mungkin bisanya mereka emang berbangga hati dan bersombong hati, moga ga nular ke kantor kita ini.
Kembali lagi, itu masalah kematangan emosional dan kecerdasan untuk berpikir dan bertindak sesuai tempatnya.
Untuk orang2 sombong itu, mungkin tawaku habis untuk ngetawain dia. Mungkin malahan aku udah sangat malas untuk ngelihat dan menyadari bahwa mereka hidup, dan berada di sekelilingku.
Dasar manusia!

Ps. Buat siapapun yg kbetulan ngebaca & tdk berkenan dg kisahnya mohon di maafkan, damai di hati damai dunia kita



No comments: